New York

Kursus di Surabaya

Sekolah Perhotelan & Akademi Tataboga.



Program Pendidikan Kuliner D1, D2 & D3

Jln. Raya Jemursari 234 & 244 Surabaya.

Telp: 031 8433224-25.

Flexi: 031-81639992.

HP: 0817321024.

Kampus Baru:

Jln. Raya Tenggilis no. 68. Surabaya.




Kursus Kue & Masakan @ Tristar



Info: Flexi: 031-83109709. Esia: 031 91938824.




Kursus Juggling & Flair Bartending - Bartender.



Info: Telp: 031 8433224-25.

Flexi: 031-81639991-92.




Fruit Carving @ Tristar Culinary Institute.



Sekolah Kuliner Pencetak Chef.

Sistem Studi: Praktek Setiap Hari.






SEKOLAH TATA BOGA - SEKOLAH KULINER

Program Pendidikan Kuliner

Diploma 1, D2, dan D3.

Sistem Studi : Praktek Setiap Hari.

Jurusan :

1. Patiseri (Baking & Pastry).

2. Tata Boga (Kuliner).

Jenjang Studi lanjutan S1 & S2 di Swiss.

Dengan jurusan : International Hotel and Tourism Management.



Jln. Raya Jemursari no. 234. Surabaya.

Telp: 031-8433224-25.

Flexi: 031-70114130.

HP: 0817321024.

Email: tristarkuliner@yahoo.co.id

*************************************

TRISTAR CULINARY INSTITUTE

Visi & Misi

Stuktur Kurikulum

Kalender Akademik


Fasilitas

Biaya Perkuliahan

Kegiatan Perkuliahan

Galeri Foto Tristar Culinary Institute

Pages

Selasa, 02 November 2010

Perkuliahan Bar and Beverage

ASYIKNYA PERKULIAHAN BAR AND BEVERAGE DI TRISTAR CULINARY INSTITUTE

          Perkuliahan yang berjalan di Tristar Culinary Institute yang beralamatkan di Jl. Raya Jemursari no.234 Surabaya kali ini tampak berbeda dengan perkuliahan biasanya. Hal ini dikarenakan para mahasiswa jurusan culinary dan jurusan pastry digabung menjadi satu untuk mengikuti jalannya perkuliahan. Adapun mata kuliah dalam perkuliahan kali ini adalah Bar and Beverage.

                     

Materi ini diberikan dalam perkuliahan dengan bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa dalam develop usaha restoran mereka sendiri kelak. Selain itu agar nantinya bisa meningkatkan rasa tanggung jawab yang beragam seperti menciptakan atau memodifikasi sebuah konsep untuk restoran, menyusun menu, meng-organize staff serta membuat rencana pasar.
          Adapun mahasiswa yang mengikuti perkuliahan kali ini berjumlah 20 orang. Perkuliahan Bar and Beverage yang akan diberikan selama beberapa hari ini dimulai pada hari Selasa (07/09) pukul 09.00 WIB. Tak hanya praktik saja, mahasiswa terlebih dahulu diberikan teori seputar Introduction to the Bar and Beverage Operation dan The Quality of Bartender sebelum praktik dimulai. Para mahasiswa dengan antusias mengikuti perkuliahan yang diadakan di sebuah ruangan kelas di lantai 3 gedung Tristar Culinary Institute. Dalam pemberian teori ini, para mahasiswa diajarkan tentang sejarah bar, definisi bar, kualiatas seorang bartender dan lain sebagainya. Teori seputar bar and beverage ini diberikan oleh Yanuar Kadaryanto selaku dosen pengajar selama kurang lebih 1 jam. 


          Setelah itu para mahasiswa langsung menuju ke dapur untuk mulai praktik. Namun sebelum praktik dimulai terlebih dahulu Yanuar menunjuk 2 orang untuk mengkoordinasi kelompok untuk praktik. Mahasiswa yang terpilih untuk menjadi koordinator dalam perkuliahan kali ini disebut Bar Manager dan Bar Captain. Mahasiswa yang berjumlah 20 orang dari 2 jurusan ini kemudian dibagi menjadi 4 kelompok yang masing-masing kelompok terdiri dari mahasiswa jurusan culinary dan pastry. Hal ini dimaksudkan agar para mahasiswa kedua jurusan saling mengenal satu dengan yang lainnya. Tak lama berselang, para mahasiswa mulai praktik membuat aneka minuman dengan menggunakan ukuran yang tepat. Hal ini dimaksudkan agar nantinya produk minuman yang dihasilkan mempunyai standart recipes. Sehingga siapapun yang membuat hasilnya akan sama standarnya. Secara bergantian masing-masing kelompok mempraktikkan 1 jenis minuman. 
          Produk minuman yang dipraktikkan kali ini merupakan minuman non alkohol yang terdiri dari Melon Juice, Watermelon Juice, Tomato Juice dan Orange Juice. 

                 
                               

                     

          Tak hanya sekedar meracik minuman, para mahasiswa juga diberikan pengetahuan seputar gelas saji yang sesuai digunakan untuk minuman berupa juice. Setelah minuman selesai dibuat, masing-masing kelompok segera menuangkannya ke dalam gelas saji dan menghias dengan beberapa garnish simple. Dan hasilnya, minuman tampak cantik dan segar untuk dinikmati. Para mahasiswa mengaku cukup mendapatkan pengetahuan baru dalam perkuliahan kali ini dan berharap esok hari juga akan mendapat pengetahuan yang lebih banyak seputar teknik meracik minuman./nv

Tidak ada komentar:

Posting Komentar