BAKPAO EMPUK DAN MENGEMBANG PELATIHAN KULINER TRISTAR CULINARY INTITUTE

Jumat, 19 November 2010


      Untuk membuka sebuah peluang usaha kuliner baru sebenarnya tak harus diawali dengan modal yang besar. Namun hal utama yang perlu dilakukan untuk pertama kalinya untuk membuka usaha kuliner adalah menentukan jenis makanan yang akan kita jual. Salah satu jenis makanan yang masih mempunyai peluang baik di pasaran adalah bakpao. Bakpao cukup diminati para konsumen dikarenakan teksturnya yang empuk serta rasanya yang lezat. Dengan alasan itulah kali ini Tristar Culinary Institute yang beralamatkan di Jl. Raya Jemursari 234 Surabaya ini mengadakan pelatihan kuliner dengan materi Bakpao. Pelatihan aneka Bakpau ini dilaksanakan tepatnya pada hari Sabtu (23/10) pada pukul 10.00 WIB. Para peserta pelatihan yang berjumlah 4 orang ini akan mendapatkan materi pembuatan bakpao dengan 4 macam variasi isian. Adapun variasi isinya terdiri dari kacang tanah, tausa, ayam dan kacang hijau. Namun bahan isian bakpao kini semakin bervariasi, tak hanya dari daging sapi, daging ayam ataupun kacang hijau saja tapi bisa juga divariasikan dengan cokelat ataupun keju serta bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Mengikuti pelatihan ataupun kursus kuliner di Tristar Culinary Institute memang berbeda dengan pelatihan kuliner serupa lainnya. Karena di Tristar Culinary Institute para peserta pelatihan tidak hanya diajarkan oleh pengajar yang hanya demo saja, tetapi peserta pelatihan juga diajak untuk praktik secara langsung. Metode praktik secara langsung ini disebut dengan meode Hands On. Selain itu para peserta akan mendapatkan resep dengan ukuran dan teknik pembuatan yang tepat. Para peserta juga bisa bertanya tentang berbagai hal menyangkut materi yang diajarkan. Maka para pengajar dari Tristar Culinary Institute akan memberikan penjelasannya dengan selengkap-lengkapnya.
Bakpao
          Materi pelatihan aneka bakpao kali ini disampaikan oleh Otje Herman selaku pengajar. Sebelum praktik bersama dimulai, terlebih dahulu Otje memberikan penjelasan seputar bahan dan cara pembuatannya. Hal ini dilakukan sebelum praktik dilangsungkan agar para peserta lebih fokus terhadap materi yang disampaikan. Tak hanya itu saja, dalam pemberian teori ini para peserta dapat bertanya tentang berbagai hal yang berkaitan dengan pembuatan bakpao. Setelah penjelasan diberikan, Otje langsung menagajal para peserta untuk praktik secara langsung. Terlebih dahulu para peserta ditugaskan untuk menimbang bahan-bahan yang akan digunakan. Para peserta dengan semangat mempersiapkan bahan-bahan, mulai dari menimbang, mengiris, dan merebus bahan-bahan. Setelah semua bahan siap, Otje mulai memberikan pengarahan dan mempraktikkan satu per satu bahan isian bakpao terlebih dahulu. Dalam pembuatan isi ini cukup bervariasi pengolahannya. Untuk isian kacang tanah, terlebih dahulu kacang tanah dioven dan digiling kemudian dicampur dengan bahan lainnya dan diaduk hingga rata. Isian tausa mungkin tidak banyak yang tahu cara membuatnya. Bahan utama yang terdiri dari kacang hijau yang sudah direbus kemudian dicampur bahan lain serta diblender. Rahasia dalam pembuatan tausa ini sebenarnya terletak pada pemberian tawas hijau dalam adonannya. Pembuatan isian kacang hijau, pada dasarnya sama dengan pembuatan tausa hanya saja tidak menggunakan tawas dalam adonannya. Adonan isian yang terakhir dibuat adalah ayam. Cara pembuatannya daging ayam yang telah direbus terlebih dahulu kemudian disuwir-suwir dan ditumis dengan bahan lainnya serta masak hingga matang. Setelah semua bahan isian matang, maka Otje segera mengajarkan cara membuat adonan bakpao. Bahan-bahan bakpao kemudian dimasukkan ke dalam mixer dan diuleni hingga kalis. Adonan bakpao ini kemudian ditimbang, dibulatkan dan diisi dan dibentuk. Otje selaku pengajar tak hanya mengajarkan bentuk bakpao yang bulat saja, melainkan juga bentuk mawar, diberi kepang atau dikerat. 
          Selesai dibentuk, adonan kemudian diistirahatkan selama 30 hingga 60 menit hingga mengembang. Selanjutnya bakpao dikukus hingga matang. Walaupun prosesnya sedikit rumit namun hal ini tak mengurangi semangat para peserta untuk terus menyimak materi yang disampaikan. Para peserta juga mengaku puas mengikuti kursus membuat bakpao ini, dikarenakan pemberian materi yang jelas serta suasana kursus yang menyenangkan. “Walaupun baru pertama kali mengikuti kursus di Tristar, tapi saya cukup merasa puas mengikuti kursus disini. Karena saya jadi punya pengetahuan baru” ujar Erna salah seorang peserta dari Surabaya ini. Di akhir pelatihan para peserta juga bisa mencicipi bakpao hasil praktik dan membawanya pulang. Jadi bagi Anda yang berminat untuk membuka usaha rumahan – Home Insdustry – UKM (Usaha Kecil Menengah), Toko Roti & Kue serta toko oleh-oleh, segera saja hubungi:
Akademi Kuliner – Tristar Culinary Institute
Program Pendidikan D1,D2 & D3
Jl. Raya Jemursari 234 Surabaya
Telp. (62-31) 8433224-8433225, Flexi (62-31) 81639992; 0817321024; Fax. (62-31) 8432050
Kampus Baru: Jl. Raya Tenggilis No.68 Surabaya.

Pelatihan Cara Membuat Bakpau Aneka Isi.
Diajarkan Resep Bapau dengan timbangan tepat untuk usaha.
Peserta pelatihan diajarkan step by step pembuatan bak pau mulai dari menimbang bahan, membuat & menguleni adonan bakpau, membuat isian ba pau, hingga membentuk adonan menjadi aneka bentuk yang menarik.
Pendidikan & Latihan / Diklat cara membuat bakpau ini cocok untuk di ikuti oleh peserta yang ingin membuka usah dibidang Produksi Bakpau & Menjual Bapau. Bisa juga menerima Pesanan & untuk melayani Pesanan Snack Box.
Diharapkan setelah mengikuti Kursus Bakpau di Trista Culinary Institute, peserta kursus bisa Sukses Berbisnis Bakpau.

Tristar Culinary Institute juga menjual aneka kebutuhan bahan untuk memproduksi Bakpau, diantaranya adalah: Pemutih Bakpau & Tawas Hijau yang fungsinya untuk menghitamkan warna kacang hijau menjadi hitam (Tausa), untuk membeli bahan bahan tambahan makanan tersebut, anda bisa memesan di Toko 9. Hp: 085731511477. Toko 9 melayani penjualan Online & Bisa Kirim ke seluruh wilayah Indonesia dengan tambahan ongkos kirim sesuai Tarif Cargo.




0 komentar:

Poskan Komentar