New York

Kursus di Surabaya

Sekolah Perhotelan & Akademi Tataboga.



Program Pendidikan Kuliner D1, D2 & D3

Jln. Raya Jemursari 234 & 244 Surabaya.

Telp: 031 8433224-25.

Flexi: 031-81639992.

HP: 0817321024.

Kampus Baru:

Jln. Raya Tenggilis no. 68. Surabaya.




Kursus Kue & Masakan @ Tristar



Info: Flexi: 031-83109709. Esia: 031 91938824.




Kursus Juggling & Flair Bartending - Bartender.



Info: Telp: 031 8433224-25.

Flexi: 031-81639991-92.




Fruit Carving @ Tristar Culinary Institute.



Sekolah Kuliner Pencetak Chef.

Sistem Studi: Praktek Setiap Hari.






SEKOLAH TATA BOGA - SEKOLAH KULINER

Program Pendidikan Kuliner

Diploma 1, D2, dan D3.

Sistem Studi : Praktek Setiap Hari.

Jurusan :

1. Patiseri (Baking & Pastry).

2. Tata Boga (Kuliner).

Jenjang Studi lanjutan S1 & S2 di Swiss.

Dengan jurusan : International Hotel and Tourism Management.



Jln. Raya Jemursari no. 234. Surabaya.

Telp: 031-8433224-25.

Flexi: 031-70114130.

HP: 0817321024.

Email: tristarkuliner@yahoo.co.id

*************************************

TRISTAR CULINARY INSTITUTE

Visi & Misi

Stuktur Kurikulum

Kalender Akademik


Fasilitas

Biaya Perkuliahan

Kegiatan Perkuliahan

Galeri Foto Tristar Culinary Institute

Pages

Senin, 27 Desember 2010

EKSKUL JUGGLING


KEGIATAN EKSTRAKULIKULER FLAIR BARTENDING DI TRISTAR CULINARY INSTITUTE

     Menjadi seorang chef yang professional tentu harus diimbangi dengan berbagai ketrampilan. Tak hanya ahli dalam salah satu bidang kuliner ataupun pastry saja, namun seorang chef kini dituntut untuk mempunyai keahlian di bidang lain seperti halnya kemampuan dalam bartending. Pada dasarnya bartending merupakan ilmu yang mempelajari tentang bar. Dalam memperlajari bartending, biasanya satu hal yang menarik adalah aksi flair yang oleh orang awam sering disebut dengan aksi juggling. Untuk memenuhi kebutuhan itulah maka Tristar Culinary Institute yang beralamatkan di Jl. Raya Jemursari no.234 Surabaya memberikan bekal pengetahuan dan ketrampilan dalam Flair Bartending kepada para mahasiswanya. Kegiatan Flair Bartending ini merupakan kegiatan ekstrakulikuler yang bisa diikuti oleh seluruh mahasiswa Tristar Culinary Institute dari semua jurusan di luar jadwal perkuliahan. Kegiatan ektrakulikuler yang berlangsung setiap hari Rabu pukul 16.30 WIB ini disampaikan oleh Sony Wijaya selaku dosen tamu. 
SONY WIJAYA
     Para mahasiswa yang berjumlah 21 orang tampak sangat antusias mengikuti kegiatan yang dilaksanakan di ruang Bartending lantai 3 Tristar Culinary Institute. Tak hanya sekedar mengajarkan tentang juggling saja, Sony yang juga anggota dari The Bottle Team Indonesia dan Bartender Community Flair Street Surabaya ini juga akan mengajarkan tentang Bartender Show dan Cooking Show. Sebelum diajarkan praktik juggling atau flair, terlebih dahulu para mahasiswa diberikan pengetahuan seputar flair bartending secara teori. Pada dasarnya juggling dan flair mempunyai kesamaan arti yaitu bentuk kecepatan, ketepatan dan keseimbangan gerakan melempar benda. Namun juggling sering digunakan sebagai istilah dalam circus dan flair sering digunakan sebagai istilah dalam bartending. Kegiatan flair ini dilakukan bukan hanya sekedar untuk atraksi saja melainkan mempunyai tujuan yang lebih seperti untuk karir, prestasi, eksistensi, sosial, keppercayaan dan hoby. Sehingga dengan ketrampilan melakukan flair, diharapkan para mahasiswa nantinya mempunyai banyak keuntungan terutama dalam hal karir. Hal ini dikarenakan tidak banyak orang yang mempunyai keahlian dalam melakukan flair.Tidak hanya sekedar penjelasan saja, dalam pemberian materi secara teori ini Sony juga memperlihatkan beberapa cuplikan video tentang aksi flair bartending dalam berbagai ajang kompetisi. Dengan metode belajar seperti ini diharapkan para mahasiswa mempunyai wawasan tentang berbagai gerakan-gerakan dalam flair. 


     Dalam melakukan sebuah atraksi flair seorang bartender biasanya menggunakan botol, sacher dan gelas sebagai media yang digunakan untuk melempar. Namun karena masih dalam tahap belajar, maka kali ini para mahasiswa menggunakan botol yang terbuat dari kayu yang biasanya digunakan untuk latihan flair. Para mahasiswa pun diberikan penjelasan tentang bagian-bagian dari botol yang terdiri dari neck, container dan bottom. Hal ini dimaksudkan agar nantinya para mahasiswa bisa melakukan teknik-teknik dasar dalam melakukan flair.Setelah seluruh penjelasan tentang flair secara teori diberikan, para mahasiswa segera diajarkan beberapa teknik dasar dalam melakukan flair. 


     Tanpa ragu Sony menunjukkan aksinya dalam melakukan flair bartending. Para mahasiswa pun berdecak kagum melihat aksi Sony ketika melakukan flair dengan menggunakan 4 buah botol. Tak hanya itu saja, para mahasiswa juga ditunjukkan cooking show dengan melempar pan dadar dan spatula. Lengkap dengan penjelesan dan atraksi dari Sony, masing-masing mahasiswa pun segera mempraktikkan gerakan-gerakan dasar flair yang sudah diajarkan. Walaupun terlihat sedikit canggung dan seringkali gagal dalam melakukan dalam gerakan flair, namun hal ini tak mematahkan semangat para mahasiswa dalam berlatih. Latihan yang berjalan selama 1,5 jam ini, tak ini akhirnya dilanjutkan pada pertemuan selanjutnya. Para mahasiswa merasa beruntung mengikuti kegiatan ekstrakulikuler yang satu ini dikarenakan banyak pengetahuan baru yang mereka dapatkan. Tak hanya itu saja, para mahasiswa berharap nantinya bisa mahir dalam melakukan flair bartending agar mempunyai karir yang baik setelah terjun dalam bidang kuliner. Sebagai pengajar, Sony pun merasa senang karena para mahasiswa sangat kooperatif dan semangat ketika materi sedang diberikan./nv



Tidak ada komentar:

Posting Komentar