New York

Kursus di Surabaya

Sekolah Perhotelan & Akademi Tataboga.



Program Pendidikan Kuliner D1, D2 & D3

Jln. Raya Jemursari 234 & 244 Surabaya.

Telp: 031 8433224-25.

Flexi: 031-81639992.

HP: 0817321024.

Kampus Baru:

Jln. Raya Tenggilis no. 68. Surabaya.




Kursus Kue & Masakan @ Tristar



Info: Flexi: 031-83109709. Esia: 031 91938824.




Kursus Juggling & Flair Bartending - Bartender.



Info: Telp: 031 8433224-25.

Flexi: 031-81639991-92.




Fruit Carving @ Tristar Culinary Institute.



Sekolah Kuliner Pencetak Chef.

Sistem Studi: Praktek Setiap Hari.






SEKOLAH TATA BOGA - SEKOLAH KULINER

Program Pendidikan Kuliner

Diploma 1, D2, dan D3.

Sistem Studi : Praktek Setiap Hari.

Jurusan :

1. Patiseri (Baking & Pastry).

2. Tata Boga (Kuliner).

Jenjang Studi lanjutan S1 & S2 di Swiss.

Dengan jurusan : International Hotel and Tourism Management.



Jln. Raya Jemursari no. 234. Surabaya.

Telp: 031-8433224-25.

Flexi: 031-70114130.

HP: 0817321024.

Email: tristarkuliner@yahoo.co.id

*************************************

TRISTAR CULINARY INSTITUTE

Visi & Misi

Stuktur Kurikulum

Kalender Akademik


Fasilitas

Biaya Perkuliahan

Kegiatan Perkuliahan

Galeri Foto Tristar Culinary Institute

Pages

Jumat, 19 November 2010

ANEKA SALAD UNTUK WIRAUSAHA DALAM PELATIHAN KULINER DI TRISTAR CULINARY INSTITUTE

ANEKA SALAD UNTUK  WIRAUSAHA DALAM PELATIHAN KULINER  DI TRISTAR CULINARY INSTITUTE

         Aneka sajian salad mungkin awalnya hanya bisa dinikmati oleh kalangan warga asing. Namun seiring dengan berkembangnya jaman, kini salad bisa dinikmati oleh masyarakat kita. Tak hanya sebagai makanan pembuka saja, bagi masyarakat kita salad juga bisa dinikmati kapan saja. Untuk itulah usaha aneka salad kini semakin marak di pasaran dan mempunyai peluang usaha yang cukup menjanjikan. Dengan alasan tersebut maka Tristar Culinary Institute yang beralamatkan di Jl. Raya Jemursari 234 Surabaya kali ini mengadakan pelatihan dengan tema aneka salad. Pelatihan aneka salad kali ini digelar pada hari Kamis (21/10) mulai pukul 13.30 WIB. Adapun beberapa materi yang diajarkan dalam pelatihan aneka salad kali ini terdiri dari Fruit Salad, Salad Bar, Shrimp Cocktail dan German Potato Salad. 

Fruit Salad
German Potato Salad 
Salad Bar
Shrimp Cocktail
          Pelatihan yang diikuti oleh 9 orang peserta ini tak hanya akan diajarkan oleh pengajar yang hanya sekedar demo saja tetapi para peserta kursus juga akan diajak untuk praktik bersama secara langsung atau disebut dengan istilah Hands On.  Hal inilah yang membedakan pelatihan kuliner yang diadakan oleh Tristar Culinary Institute dengan pelatihan kuliner serupa lainnya. Tak hanya itu saja, dalam pelatihan yang diadakan oleh Tristar Culinary Institute para peserta kursus akan mendapatkan resep yang akurat lengkap dengan teknik pembuatan yang tepat dan tips-tips lengkap. Para peserta juga bisa bertanya tentang berbagai hal menyangkut materi yang diajarkan. Maka para pengajar dari Tristar Culinary Institute akan memberikan penjelasannya dengan selengkap-lengkapnya.
          Sebelum praktik membuat salad bersama dimulai, terlebih dahulu para peserta akan diberikan penjelasan seputar bahan dan cara pembuatannya oleh Yanuar Kadaryanto selaku pengajar. Para peserta pelatihan yang mayoritas wanita ini pun menyimak materi yang disampaikan oleh Yanuar dengan seksama. Setelah beberapa saat diberikan penjelasan, maka praktik pun segera dimulai. Sebelum praktik, terlebih dahulu Yanuar memberikan tugas kepada masing-masing peserta untuk menyiapkan bahan-bahan yang akan digunakan dalam pembuatan salad. Tanpa ragu-ragu para peserta langsung menuju ke meja dapur untuk memotong, membersihkan dan menimbang bahan. Setelah semua bahan siap, maka Yanuar mulai memberikan pengarahan. Adapun materi yang pertama kali dipraktikkan adalah pembuatan mayonaise. Pada dasarnya mayonaise bisa divariasikan menjadi beberapa macam jenis saus lainnya seperti thousand’s island yang merupakan campuran antara mayonaise dengan saus tomat, tabasco dan bahan lainnya. Dalam pembuatan mayonaise ini untuk skala rumah tangga ini terbilang cukup mudah namun membutuhkan sedikit kesabaran. Karena bila terjadi kesalahan dalam prosesnya akan mengakibatkan mayonaise tidak akan jadi.
          Pembuatan salad yang pertama kali dipraktikkan setelah pembuatan mayonaise adalah salad bar. Salad bar merupakan jenis salad yang terdiri dari lettuce, timun Jepang, paprika, tomat , roti tawar, telur dan bawang Bombay yang kemudian diatur sedemikian rupa di atas piring saji. Salad bar biasanya disajikan dengan menggunakan thousand’s island. Tak hanya sekedar cara membuat dan menata salad saja, Yanuar juga memberikan beberapa tips mengenai cara merebus telur yang benar. “Agar warna kuning telur tetap bagus dan tidak ada warna hijau di sekeliling kuning telur setelah direbus, cara merebusnya sebaiknya masukkan telur disaat air mendidih dan rebus selama ± 10 menit. Bila ada warna hijau di sekeliling telur menandakan telur terlalu matang” jelas Yanuar di sela-sela praktik.
          Selesai dengan pembuatan Salad Bar, Yanuar langsung memandu untuk pembuatan Fruit Salad. Salad yang satu ini cukup populer di kalangan masyarakat. Rasa buah yang segar berpadu dengan mayonaise menjadikan salad ini sangat digemari. Dalam pembuatan fruit salad ini, Yanuar menyarankan agar menggunakan buah-buahan yang tidak banyak mengandung air agar salad tidak cepat berair dan akhirnya akan membuat salad mudah basi. Tak hanya itu saja, Yanuar juga memberikan beberapa tips komposisi bahan yang tepat sebagai campuran mayonaise agar mayonaise yang dicampur dalam buah tidak cepat mencair. Materi selanjutnya yang diajarkan adalah pembuatan Shrimp Cocktail. Sesuai dengan namanya, salad ini merupakan salad yang berbahan dasar udang yang dicampur dengan saus kemudian dimasukkan ke dalam gelas cocktail. Dan materi terakhir yang dipraktikkan adalah cara pembuatan German Potato Salad. Salad ini cukup simple, karena kentang yang sudah direbus kemudian dicampur dengan bahan lainnya termasuk juga saus yang menggunakan campuran mayonaise dan mustard. 
          Beragam variasi salad usai sudah dipraktikkan. Pembuatan salad-salad ini pun terbilang cukup mudah. Para peserta merasa sangat puas mengikuti jalannya pelatihan ini. Karena selain sekedar untuk hobby juga bisa dijadikan sebagai peluang usaha baru. “Karena saya hobby memasak, maka saya antusias sekali mengikuti kursus ini. Apalagi dengan tema salad ini cukup menarik untuk saya. Dari dulu saya ingin sekali bisa membuat mayonaise sendiri. Dan setelah mengikuti kursus ini, saya merasa banyak pengetahuan baru yang saya dapatkan” ujar Murtiningsih, seorang peserta asal Surabaya yang sudah seringkali mengikuti pelatihan di Tristar ini. Di akhir pelatihan para peserta juga bisa membawa pulang salad hasil buatannya. Jadi bagi Anda yang berminat untuk membuka usaha rumahan – Home Insdustry – UKM (Usaha Kecil Menengah), Toko Roti & Kue serta toko oleh-oleh, segera saja hubungi:
Program Pendidikan D1,D2 & D3
Jl. Raya Jemursari 234 Surabaya
Telp. (62-31) 8433224-8433225, Flexi (62-31) 81639992; 0817321024; Fax. (62-31) 8432050
Kampus Baru: Jl. Raya Tenggilis No.68 Surabaya.

Pelatihan Wira Usaha : Membuat Aneka Salad & Dressinnya.
Diajarkan Resep Salad dengan timbangan yang tepat.
Diajarkan step by step cara membuat Salad, mulai dari persiapan bahan, membuat saus Mayonnaise &Thousand Island, hingga cara Penyajiannya.
Kursus ini cocok untuk diikuti peserta yang ingin memulai usaha dibidang penjualan Salad - Gerai Salad.

Toko 9 menjual bahan bahan untuk pembuatan Salad, Kebutuhan Kuliner & Bahan Baku untuk membuat  Kue.
Info dan pemesanan bahan bisa menghubungi HP: 085731511477. 
Bahan Bahan yang di jual di Toko 9 antara lain:
Pengenyal Bakso Food Grade
Ice Cream Powder , untuk membuat Ice Cream dengan sangat Praktis & Cepat.
Tepung Fried Chicken yang bisa membuat Ayam Goreng Crispy & Keriting , Renyah tahan sampai 3 jam.
Bebeco - Glucose - Maltose, dll.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar