New York

Kursus di Surabaya

Sekolah Perhotelan & Akademi Tataboga.



Program Pendidikan Kuliner D1, D2 & D3

Jln. Raya Jemursari 234 & 244 Surabaya.

Telp: 031 8433224-25.

Flexi: 031-81639992.

HP: 0817321024.

Kampus Baru:

Jln. Raya Tenggilis no. 68. Surabaya.




Kursus Kue & Masakan @ Tristar



Info: Flexi: 031-83109709. Esia: 031 91938824.




Kursus Juggling & Flair Bartending - Bartender.



Info: Telp: 031 8433224-25.

Flexi: 031-81639991-92.




Fruit Carving @ Tristar Culinary Institute.



Sekolah Kuliner Pencetak Chef.

Sistem Studi: Praktek Setiap Hari.






SEKOLAH TATA BOGA - SEKOLAH KULINER

Program Pendidikan Kuliner

Diploma 1, D2, dan D3.

Sistem Studi : Praktek Setiap Hari.

Jurusan :

1. Patiseri (Baking & Pastry).

2. Tata Boga (Kuliner).

Jenjang Studi lanjutan S1 & S2 di Swiss.

Dengan jurusan : International Hotel and Tourism Management.



Jln. Raya Jemursari no. 234. Surabaya.

Telp: 031-8433224-25.

Flexi: 031-70114130.

HP: 0817321024.

Email: tristarkuliner@yahoo.co.id

*************************************

TRISTAR CULINARY INSTITUTE

Visi & Misi

Stuktur Kurikulum

Kalender Akademik


Fasilitas

Biaya Perkuliahan

Kegiatan Perkuliahan

Galeri Foto Tristar Culinary Institute

Pages

Jumat, 19 November 2010

PELATIHAN KULINER STEAK KAMPUNG RASA KOTA DI TRISTAR CULINARY INSTITUTE



       Steak awalnya merupakan makanan yang mempunyai kelas tersendiri. Karena harganya yang mahal, menjadikan steak masih dianggap sebagai makanan kelas atas. Namun jenis makanan yang satu ini kini sudah semakin menjamur dan semakin digemari oleh masyarakat kita. Hal ini tak lain karena steak sudah banyak dimodifikasi dan disesuaikan dengan selera masyarakat kita. Sehingga harganya pun kini sudah semakin terjangkau. Bahkan banyak usaha kuliner yang membuat istilah Steak Kampung Rasa Kota ataupun Steak Kaki Lima Harga Bintang Lima. Usaha Steak Kampung yang menjanjikan ini tentu sangat membuat setiap orang tertarik untuk berwirausaha. Dengan alasan inilah sebagai lembaga pelatihan kuliner, Tristar Culinary Institute yang beralamatkan di Jl. Raya Jemursari 234 Surabaya mengadakan kursus dengan materi Steak Kampung. Pelatihan yang diadakan pada hari Jumat (15/10) pukul 13.30 WIB ini diikuti oleh 3 peserta. 
          Beberapa materi Steak Kampung yang diajarkan kali ini adalah Crispy Chicken Steak Mushroom Sauce, Tenderloin Steak with Cheese serta Chicken Wings BBQ Sauce.
Chicken Wings BBQ Sauce

Tenderloin Steak with Cheese

Tak hanya itu saja, para peserta juga akan diajarkan cara membuat adonan tepung crispy serta Demiglaze sebagai adonan dasar saus steak. Sebelum praktik dimulai, Yanuar memberikan penjelasan seputar bahan dan cara pembuatan steak terlebih dahulu. Setelah penjelasan materi disampaikan, para peserta langsung diajak untuk praktik bersama. Masing-masing peserta diberikan tugas untuk menimbang dan menyiapkan seluruh bahannya terlebih dahulu hingga lengkap. Kemudian satu per satu bahan diolah sesuai dengan resep yang diberikan. Yanuar selaku pengajar selalu memberikan pengarahan dan penjelasan serta berbagai tips-tips seputar teknik pembuatannya di sela-sela praktik berlangsung. Dalam pembuatan demiglaze, terlebih dahulu tepung terigu disangrai hingga berwarna kecokelatan tetapi tidak hangus. “Agar tepung tidak hangus, sebaiknya gunakan api kecil dan terus diaduk hingga tepung berwarna kecokelatan” ujar Yanuar memberikan tipsnya. Kemudian baru ditambahkan bahan lainnya, rebus dan masak hingga matang. Demiglaze ini bisa dibuat dengan jumlah banyak dan kemudian disimpan untuk digunakan selanjutnya.

          Sebelum membuat Crispy Chicken Steak Mushroom Sauce, terlebih dahulu para peserta membuat adonan tepung crispy. Kemudian ayam dimasukkan ke dalam tepung. Dalam membuat Crispy Chicken ini juga perlu diperhatikan tips dan cara membuatnya yang tepat. Karena bila tidak memperhatikan petunjuk pengajar, maka hasilnya pun tidak akan keriting dan renyah dengan maksimal. Terlebih dahulu ayam dimasukkan ke dalam larutan tepung, kemudian digulingkan ke dalam adonan tepung crispy sambil dicubit-cubit. Maka hasilnya pun akan membentuk adonan keriting di sekitar permukaan ayam. Setelah itu, ayam langsung digoreng dalam minyak yang banyak dan panas hingga kering kecokelatan dan matang. Adonan crispy ini dijamin akan tahan hingga 3 jam lamanya. Para peserta terlihat sangat bersemangat mengikuti jalannya pelatihan ini. Dalam pembuatan Tenderloin Steak pun para peserta diajarkan teknik untuk memukul daging hingga tipis namun tidak sampai hancur. Sehingga ketika dibalut dengan tepung panir hasilnya akan sempurna. Tak berbeda dengan materi lainnya, membuat Chicken Wings BBQ Sauce juga perlu teknik khusus. Ayam yang sudah dicampur dengan bumbu harus direndam selama beberapa waktu agar bumbu meresap sempurna ke dalam sayap ayam sebelum dipanggang.



  
                  Dari sekian banyaknya tips dan penjelasan teknik pengolahan yang tepat, maka peserta merasa sangat puas dengan jalannya pelatihan ini. Tak hanya itu saja, setelah semua materi selesai dimasak para peserta dapat langsung mencicipi makanan hasil buatannya dan membawanya pulang. Bahkan seorang peserta asal Surabaya, Siena ingin segera sampai rumah untuk mempraktikkan materi yang sudah diajarkan. “Anak-anak saya paling suka dengan makanan-makanan seperti ini, karena itu, saya ingin segera pulang untuk mempraktikkannya”ujar Siena yang sudah beberapa kali mengikuti pelatihan di Tristar ini. Jadi bagi Anda yang berminat untuk membuka usaha rumahan – Home Insdustry – UKM (Usaha Kecil Menengah), Toko Roti & Kue serta toko oleh-oleh, segera saja hubungi:
Akademi Kuliner – Tristar Culinary Institute
Program Pendidikan D1,D2 & D3
Jl. Raya Jemursari 234 Surabaya
Telp. (62-31) 8433224-8433225, Flexi (62-31) 81639992; 0817321024; Fax. (62-31) 8432050
Kampus Baru: Jl. Raya Tenggilis No.68 Surabaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar