New York

Kursus di Surabaya

Sekolah Perhotelan & Akademi Tataboga.



Program Pendidikan Kuliner D1, D2 & D3

Jln. Raya Jemursari 234 & 244 Surabaya.

Telp: 031 8433224-25.

Flexi: 031-81639992.

HP: 0817321024.

Kampus Baru:

Jln. Raya Tenggilis no. 68. Surabaya.




Kursus Kue & Masakan @ Tristar



Info: Flexi: 031-83109709. Esia: 031 91938824.




Kursus Juggling & Flair Bartending - Bartender.



Info: Telp: 031 8433224-25.

Flexi: 031-81639991-92.




Fruit Carving @ Tristar Culinary Institute.



Sekolah Kuliner Pencetak Chef.

Sistem Studi: Praktek Setiap Hari.






SEKOLAH TATA BOGA - SEKOLAH KULINER

Program Pendidikan Kuliner

Diploma 1, D2, dan D3.

Sistem Studi : Praktek Setiap Hari.

Jurusan :

1. Patiseri (Baking & Pastry).

2. Tata Boga (Kuliner).

Jenjang Studi lanjutan S1 & S2 di Swiss.

Dengan jurusan : International Hotel and Tourism Management.



Jln. Raya Jemursari no. 234. Surabaya.

Telp: 031-8433224-25.

Flexi: 031-70114130.

HP: 0817321024.

Email: tristarkuliner@yahoo.co.id

*************************************

TRISTAR CULINARY INSTITUTE

Visi & Misi

Stuktur Kurikulum

Kalender Akademik


Fasilitas

Biaya Perkuliahan

Kegiatan Perkuliahan

Galeri Foto Tristar Culinary Institute

Pages

Minggu, 07 November 2010

Pelajaran Ice Carving


KREASI ICE CARVING UNTUK DISPLAY MAKANAN
KARYA MAHASISWA TRISTAR CULINARY INSTITUTE


             Membuat sebuah display makanan hingga hidangan tampak menarik tentu tidak lepas dari sebuah karya carving atau seni ukiran yang biasanya terbuat dari buah, sayuran atau juga es. Namun untuk mempunyai sebuah keahlian dalam seni ukir sayur, buah ataupun es bukanlah hal yang mudah bila tanpa latihan keras dan juga sebuah kreatifitas. Dalam persaingan dunia kuliner yang semakin maju, tentu dibutuhkan tenaga ahli yang mampu menguasai berbagai macam keahlian dalam bidang kuliner termasuk juga seni mengukir.

 Untuk itulah kali ini Tristar Culinary Institute yang beralamatkan di Jl. Raya Jemursari 234 Surabaya ini mengajarkan perkuliahan dengan materi Ice Carving. Adapun alasan diberikannya perkuliahan Ice Carving ini bertujuan agar para mahasiswa mempunyai bekal ketrampilan seni ukir dari bahan es sehingga nantinya para mahasiswa dapat bersaing dalam usaha kuliner. Pada dasarnya ice carving  adalah bagian dari salah satu seni yang berbentuk ukiran atau pahatan dengan ice block sebagai medianya. Bentuk dari sebuah ice carving pun sangat bervariasi serta dapat disesuaikan dengan apa yang kita inginkan. Fungsi dari sebuah ice carving sendiri adalah sebagai hiasan dan memperindah suatu pesta atau mempercantik display di buffet. Sehingga kesan dalam sebuah pesta itu menjadi istimewa. Display ice carving sendiri bisa kita temui dalam berbagai acara seperti pesta pernikahan, pesta ulang tahun, pesta ulang tahun pernikahan, pesta ulang tahun sebuah instansi ataupun kantor dan lain sebagainya. Dalam perkuliahan ice carving yang diadakan pada hari Kamis (21/10) ini dimulai pada pukul 08.00 WIB. Perkuliahan ini diawali dengan penjelasan teori seputar materi ice carving selama 1 jam. Para mahasiswa yang berjumlah 22 orang ini tampak begitu antusias mengikuti jalannya penjelasan yang diberikan oleh dosen tamu dari sebuah hotel berbintang, Sukamto.


            

             Dalam teori seputar ice carving ini, Sukamto menjelaskan mengenai tools and maintenance, storage, temperature ruang dalam membuat ice carving, set-up ice carving dan methode. Tak lupa Sukamto juga memberikan beberapa contoh cara membentuk es berbentuk angsa dalam sebuah gambar. Pemberian teori ini diberikan sebelum praktik bersama dengan tujuan agar sewaktu praktik, para mahasiswa sudah mempunyai gambaran tentang cara mengukir es. Setelah usai penjelasan teori ice carving, para mahasiswa langsung menuju halaman samping Tristar Culinary Institute untuk praktik bersama. Dalam praktik ice carving kali ini, terlebih dahulu Sukamto memberikan contoh menggambar pola pada es sebelum es diukir.


             Selesai dengan pemberian pola, Sukamto langsung membagi mahasiswa menjadi beberapa kelompok. Masing-masing kelompok akan diberikan tugas untuk mengukir 1 buah es blok. Peralatan untuk mengukir es pun segera dibagikan. Para mahasiswa tampak begitu antusias mengikuti praktik mengukir es ini. Walaupun tampak sulit, namun setelah dipraktikkan tak sesulit yang dibayangkan. Sedikit demi sedikit es mulai dipahat dan diukir dengan peralatan yang disediakan. Sukamto sebagai pengajar juga selalu berusaha mendampingi para mahasiswa untuk memberika contoh dan pengarahan yang tepat. Hal ini perlu dilakukan agar para mahasiswa bisa tetap aman dalam menggunakan alat serta mendapatkan hasil carving yang maksimal.

                  



             Berselang kurang lebih 4 jam lamanya, akhirnya ice carving selesai dibuat. Tampak ice carving begitu indah hingga membentuk menara, angsa, simbol Tristar Culinary Institute, huruf “B” dan lainnya. Para mahasiswa mengaku begitu puas mengikuti jalannya perkuliahan ini dikarenakan banyaknya pengetahuan baru seputar ice carving yang didapatkan. Selain itu para mahasiswa bisa mengasah ketrampilan dalam pembuatan ice carving. Tak hanya itu saja, di akhir acara para mahasiswa bisa mengabadikan hasil karya ice carvingnya dengan kamera.

                   

1 komentar:

  1. woow...it is so beautiful and I hope to make it like your ice carving :)

    BalasHapus