New York

Kursus di Surabaya

Sekolah Perhotelan & Akademi Tataboga.



Program Pendidikan Kuliner D1, D2 & D3

Jln. Raya Jemursari 234 & 244 Surabaya.

Telp: 031 8433224-25.

Flexi: 031-81639992.

HP: 0817321024.

Kampus Baru:

Jln. Raya Tenggilis no. 68. Surabaya.




Kursus Kue & Masakan @ Tristar



Info: Flexi: 031-83109709. Esia: 031 91938824.




Kursus Juggling & Flair Bartending - Bartender.



Info: Telp: 031 8433224-25.

Flexi: 031-81639991-92.




Fruit Carving @ Tristar Culinary Institute.



Sekolah Kuliner Pencetak Chef.

Sistem Studi: Praktek Setiap Hari.






SEKOLAH TATA BOGA - SEKOLAH KULINER

Program Pendidikan Kuliner

Diploma 1, D2, dan D3.

Sistem Studi : Praktek Setiap Hari.

Jurusan :

1. Patiseri (Baking & Pastry).

2. Tata Boga (Kuliner).

Jenjang Studi lanjutan S1 & S2 di Swiss.

Dengan jurusan : International Hotel and Tourism Management.



Jln. Raya Jemursari no. 234. Surabaya.

Telp: 031-8433224-25.

Flexi: 031-70114130.

HP: 0817321024.

Email: tristarkuliner@yahoo.co.id

*************************************

TRISTAR CULINARY INSTITUTE

Visi & Misi

Stuktur Kurikulum

Kalender Akademik


Fasilitas

Biaya Perkuliahan

Kegiatan Perkuliahan

Galeri Foto Tristar Culinary Institute

Pages

Senin, 27 Desember 2010

PELATIHAN USAHA KULINER, KURSUS ANEKA NASI GORENG. Info: 085731804143


ANEKA NASI GORENG LEZAT DALAM PELATIHAN KULINER DI TRISTAR CULINARY INSTITUTE

  Nasi Goreng merupakan makanan khas Indonesia yang sangat populer di masyarakat. Tak hanya dijual oleh pedagang kaki lima saja, nasi goreng juga banyak menjadi menu andalan di berbagai restoran ataupun hotel berbintang. Terlebih lagi kini nasi goreng semakin banyak variasi bahan yang digunakan sebagai campurannya. Citarasa nasi goreng yang bervariasi itulah yang membuat banyak orang penasaran akan bumbu dan bahan rahasia yang digunakan oleh para pelaku kuliner. Dengan alasan itulah, maka Tristar Culinary Institute yang beralamatkan di Jl. Raya Jemursari no.234 Surabaya mengadakan pelatihan ataupun kursus dengan tema Aneka Nasi Goreng. Acara pelatihan ataupun kursus yang diadakan pada hari Rabu (3/11) ini dimulai tepatnya pada pukul 13.30 WIB. Dalam pelatihan yang diajarkan oleh Yanuar Kadaryanto ini, para peserta yang terdiri dari 4 orang ini akan diajarkan cara membuat 4 macam nasi goreng. 

     Adapun nasi goreng yang akan dipraktikkan dalam pelatihan kali ini adalah Nasi Goreng Tom Yam, Nasi Goreng XO, Nasi Goreng Jawa dan Nasi Goreng Seafood. Sebelum para peserta mempraktikkan materi yang diajarkan dalam pelatihan ini, terlebih dahulu para peserta akan diberikan penjelasan tentang seputar bahan dan cara pengolahan nasi goreng yang akan dibuat. Hal ini sengaja dilakukan sebelum praktik dimulai agar para peserta lebih konsentrasi dengan penjelasan yang diberikan oleh pengajar. Setelah beberapa saat, maka penjelasan pun selesai diberikan. Yanuar pun segera memberikan tugas kepada masing-masing peserta kursus agar nantinya para peserta bisa mempraktikkan 1 macam materi yang ditugaskan. 


     Mengikuti pelatihan ataupun kursus kuliner di Tristar Culinary Institute memang berbeda dengan pelatihan kuliner serupa lainnya. Karena di Tristar Culinary Institute para peserta kursus akan diajarkan dengan metode praktik secara langsung yang disebut dengan metode Hands On.



      Selain itu para peserta akan mendapatkan resep dengan ukuran dan teknik pembuatan yang tepat. Para peserta juga bisa bertanya tentang berbagai hal menyangkut materi yang diajarkan. Maka para pengajar dari Tristar Culinary Institute akan memberikan penjelasannya dengan selengkap-lengkapnya. Dengan metode ini, diharapkan para peserta akan cepat terampil dalam mempraktikkan materi yang diajarkan. Setelah pembagian tugas kepada masing-masing peserta, maka tanpa ragu para peserta segera menuju ke meja praktik yang sudah disediakan bahan dan peralatannya. Para peserta pun segera mempersiapkan seluruh bahan-bahan yang akan digunakan mulai dari membersihkan, memotong dan menimbang bahan-bahannya. Setelah semua peserta mempersiapkan seluruh bahan-bahannya, maka Yanuar pun segera memandu masing-masing peserta untuk proses pembuatan nasi goreng. Proses pembuatan nasi goreng ini pada dasarnya sama, namun yang membedakan adalah bahan dan bumbu yang digunakan. Bahan dan bumbu-bumbu ini tentu saja akan sangat mempengaruhi citarasa yang dihasilkan. Nasi goreng tom yam merupakan nasi goreng yang menggunakan bumbu khusus yaitu tom yam paste serta menggunakan campuran bahan berupa udang dan cumi. Sedangkan nasi goreng XO merupakan nasi goreng yang menggunakan saus XO yang diracik dari beberapa bahan seperti cabai merah, scallop, ebi, teri dan bumbu lainnya. Sesuai dengan namanya, Nasi Goreng Seafood merupakan nasi goreng yang bahannya terdiri dari udang, cumi, bakso ikan dan diracik dengan bahan lainnya. Sedangkan nasi goreng jawa adalah nasi goreng yang diracik sesuai dengan bumbu-bumbu Jawa dan menggunakan bahan berupa taoge, kol dan mi sebagai campurannya. Para peserta pun menyimak setiap langkah-langkah pembuatan nasi goreng dengan antusias. 
Nasi Goreng JAWA
Nasi Goreng TOM YAM
Nasi Goreng  XO
     Setelah semua nasi goreng diolah, Yanuar pun segera mempersilahkan para peserta untuk mencicipi nasi goreng hasil buatannya. Tak hanya itu saja, para peserta pun dapat membawa pulang nasi goreng hasil buatannya. Para peserta pun mengaku cukup puas dengan mengikuti jalannya kursus ini. Hal ini juga diungkapkan Lusi salah seorang peserta asal Surabaya yang mengaku sudah 9 kali mengikuti kursus di Tristar Culinary Institute. “Saya memang hoby memasak, jadi saya senang ikut kursus seperti ini. Apalagi di Tristar para peserta diajak untuk langsung praktik.”ujarnya usai kursus. Tak hanya diajarkan oleh tenaga yang ahli di bidangnya, kursus di Tristar juga didukung oleh suasana kursus yang menyenangkan. Jadi bagi Anda yang berminat untuk membuka usaha rumahan – Home Insdustry – UKM (Usaha Kecil Menengah), Catering, Toko Roti & Kue serta toko oleh-oleh, segera saja hubungi:
Akademi Kuliner – Tristar Culinary Institute
Program Pendidikan D1,D2 & D3
Jl. Raya Jemursari 234 Surabaya
Telp. (62-31) 8433224-8433225, 
Flexi (62-31) 81639992; 
HP: 085731804143 - 0817321024; 
Fax. (62-31) 8432050
Kampus Baru: Jl. Raya Tenggilis No.68 Surabaya






Tidak ada komentar:

Posting Komentar