New York

Kursus di Surabaya

Sekolah Perhotelan & Akademi Tataboga.



Program Pendidikan Kuliner D1, D2 & D3

Jln. Raya Jemursari 234 & 244 Surabaya.

Telp: 031 8433224-25.

Flexi: 031-81639992.

HP: 0817321024.

Kampus Baru:

Jln. Raya Tenggilis no. 68. Surabaya.




Kursus Kue & Masakan @ Tristar



Info: Flexi: 031-83109709. Esia: 031 91938824.




Kursus Juggling & Flair Bartending - Bartender.



Info: Telp: 031 8433224-25.

Flexi: 031-81639991-92.




Fruit Carving @ Tristar Culinary Institute.



Sekolah Kuliner Pencetak Chef.

Sistem Studi: Praktek Setiap Hari.






SEKOLAH TATA BOGA - SEKOLAH KULINER

Program Pendidikan Kuliner

Diploma 1, D2, dan D3.

Sistem Studi : Praktek Setiap Hari.

Jurusan :

1. Patiseri (Baking & Pastry).

2. Tata Boga (Kuliner).

Jenjang Studi lanjutan S1 & S2 di Swiss.

Dengan jurusan : International Hotel and Tourism Management.



Jln. Raya Jemursari no. 234. Surabaya.

Telp: 031-8433224-25.

Flexi: 031-70114130.

HP: 0817321024.

Email: tristarkuliner@yahoo.co.id

*************************************

TRISTAR CULINARY INSTITUTE

Visi & Misi

Stuktur Kurikulum

Kalender Akademik


Fasilitas

Biaya Perkuliahan

Kegiatan Perkuliahan

Galeri Foto Tristar Culinary Institute

Pages

Minggu, 26 Desember 2010

EKSKUL YPPI-2



ASYIKNYA BELAJAR MEMASAK DALAM EKSTRAKULIKULER KULINER DI YPPI 2 OLEH TRISTAR CULINARY INSTITUTE


     Perkembangan dunia kuliner yang semakin marak di pasaran, membuat setiap orang ingin membuka usaha kuliner. Hal ini dikarenakan usaha kuliner tak pernah sepi akan konsumen. Dengan alasan itulah kini bekal ketrampilan dalam dunia kuliner semakin diminati. Dan ternyata ketertarikan dalam dunia kuliner tak hanya dimiliki oleh ibu-ibu saja, melainkan sudah semakin diminati banyak kalangan, baik laki-laki atau perempuan, tua dan muda. Seperti yang terlihat dalam kegiatan ektrakulikuler kuliner yang diadakan SMA YPPI 2 Surabaya pada hari Rabu (27/10) kali ini, para pelajar SMA ini terlihat sangat antusias belajar memasak. Dengan tim pengajar dari Tristar Culinary Institute, para pelajar diajarkan cara membuat siomay. Adapun alasan SMA YPPI 2 yang merupakan kepanjangan dari Sekolah Menengah Atas Yayasan Pengembangan Pendidikan Indonesia 2 ini memilih Tristar Culinary Institute sebagai pengajar ekstrakulikuler kuliner ini tak lain dikarenakan Tristar merupakan satu-satunya lembaga pendidikan kuliner yang menjadi “leader” diantara lembaga pendidikan kuliner lainnya. Ektrakulikuler kuliner ini diadakan mulai pukul 14.30 WIB hingga selesai. Tak kurang dari 35 orang pelajar dari kelas 10 hingga kelas 12 mengikuti kegiatan ini dengan Nona sebagai pengajar dari Tristar Culinary Institute. 

     Dalam kegiatan ekstrakulikuler kuliner ini terlebih dahulu resep ataupun materi diberikan sebelumnya. Sehingga para pelajar bisa mempersiapkan bahan-bahannya dari rumah. Hal ini dikarenakan bahan-bahan dan peralatan pembuatan berbagai masakan disediakan oleh para pelajar sendiri. Sebagai lembaga pendidikan kuliner yang kompeten di bidangnya, Tristar Culinary Institute tak perlu diragukan lagi. Hal ini terlihat dengan dipercayanya tim Tristar Culiary Institute memberikan materi kuliner di SMA YPPI 2 selama kurang lebih 3 semester ini. Kegiatan ektrakulikuler kuliner di YPPI 2 ini diadakan setiap 2 minggu sekali tepatnya pada hari Rabu. Adapun tujuan diadakannya ektrakulikuler kuliner ini adalah untuk mengembangkan bakat pelajar dalam dunia kuliner. Sebagai koordinator ektrakulikuler, Mudji Slamet memberikan beberapa penjelasan seputar kegiatan ektrakulikuler kuliner ini. “Ektrakulikuler kuliner ini cukup diminati oleh pelajar. Karena beberapa pelajar ingin sekali nantinya mempunyai usaha kuliner sendiri. Sehingga materi-materi yang diberikan oleh Tristar Culinary Institute cukup menarik untuk diikuti oleh para pelajar.”ujar Mudji. 
Bp.Mudji & Pelajar
     Sebelum praktik memasak dimulai terlebih dulu Nona selaku pengajar memberikan tugas kepada para pelajar untuk mempersiapkan peralatan dan bahan-bahan yang akan digunakan dalam praktik. Para pelajar yang berjumlah 35 ini terbagi dalam 7 kelompok. Masing-masing kelompok ditugaskan untuk membuat siomay. Setelah bahan-bahan siap, Nona segera mendampingi dan mengarahkan pelajar untuk membuat adonan siomay. Kemudian adonan siomay dimasukkan ke dalam kulit pangsit. Para pelajar tampak sangat antusias melihat cara membungkus siomay. Satu per satu pelajar mencoba untuk membentuk siomay. Setelah semua adonan siomay dimasukkan ke dalam kulit pangsit selesai dibuat, maka siomay segera dikukus hingga matang. 



     Para pelajar yang mengikuti ektrakulikuler kuliner ini mengaku senang mengikuti kegiatan memasak ini. Karena selain untuk menyalurkan hoby memasak juga banyak pengetahuan seputar pengolahan makanan yang didapatkan. Satu-satunya pelajar laki-laki yang mengikuti kegiatan ektrakulikuler kuliner kali ini, Anthony Halim juga memberikan sedikit kesan-kesannya selama mengikuti kegiatan ini. “Saya memang hoby sekali memasak, makanya saya ikut kegiatan ektrakulikuler kuliner ini. Selain itu saya ingin nantinya saya punya restoran sendiri. Saya juga senang bisa mendapatkan pengetahuan seputar memasak, terlebih lagi materi diajarkan oleh tim Tristar yang ahli di bidangnya”jelas Anthony. Tak hanya itu saja, Mudji selaku koordinator ekstrakulikuler kuliner mengatakan bahwa beberapa siswa juga seringkali mempraktikkan di rumah materi yang sudah diajarkan dan hasilnya cukup memuaskan./nv  
SIOMAY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar