New York

Kursus di Surabaya

Sekolah Perhotelan & Akademi Tataboga.



Program Pendidikan Kuliner D1, D2 & D3

Jln. Raya Jemursari 234 & 244 Surabaya.

Telp: 031 8433224-25.

Flexi: 031-81639992.

HP: 0817321024.

Kampus Baru:

Jln. Raya Tenggilis no. 68. Surabaya.




Kursus Kue & Masakan @ Tristar



Info: Flexi: 031-83109709. Esia: 031 91938824.




Kursus Juggling & Flair Bartending - Bartender.



Info: Telp: 031 8433224-25.

Flexi: 031-81639991-92.




Fruit Carving @ Tristar Culinary Institute.



Sekolah Kuliner Pencetak Chef.

Sistem Studi: Praktek Setiap Hari.






SEKOLAH TATA BOGA - SEKOLAH KULINER

Program Pendidikan Kuliner

Diploma 1, D2, dan D3.

Sistem Studi : Praktek Setiap Hari.

Jurusan :

1. Patiseri (Baking & Pastry).

2. Tata Boga (Kuliner).

Jenjang Studi lanjutan S1 & S2 di Swiss.

Dengan jurusan : International Hotel and Tourism Management.



Jln. Raya Jemursari no. 234. Surabaya.

Telp: 031-8433224-25.

Flexi: 031-70114130.

HP: 0817321024.

Email: tristarkuliner@yahoo.co.id

*************************************

TRISTAR CULINARY INSTITUTE

Visi & Misi

Stuktur Kurikulum

Kalender Akademik


Fasilitas

Biaya Perkuliahan

Kegiatan Perkuliahan

Galeri Foto Tristar Culinary Institute

Pages

Rabu, 22 Desember 2010

EKTRAKULIKULER KULINER (MIMI SCHOOL)


NIKMATNYA KEPITING SINGAPORE BUATAN PELAJAR SMA MIMI SURABAYA DALAM KEGIATAN EKSTRAKULIKULER KULINER

     Sebagai lembaga pendidikan kuliner, sepak terjang Tristar Culinary Institute memang tak perlu lagi diragukan. Karena Tristar Culinary Institute sangat kompeten di bidangnya. Hal ini terlihat dengan dipercayanya Tristar Culinary Institute sebagai narasumber ataupun pengajar dalam berbagai kesempatan ataupun sebuah acara kuliner. Seperti yang terlihat pada kesempatan kali ini, Tristar Culinary Institute dipercaya sebagai pengajar ekstrakulikuler kuliner di SMA MIMI yang beralamatkan di Jl.H.R Muhammad No,104 Surabaya. Adapun kegiatan ektrakulikuler kuliner ini diadakan setiap satu minggu sekali dengan diikuti oleh pelajar dari kelas 10 hingga kelas 12. Pemilihan Tristar Culinary Institute yang sudah 2 tahun terakhir ini dipercaya untuk mengajar kegiatan “ekskul” kuliner ini tak lepas karena Tristar Culinary Institute merupakan sebuah lembaga pendidikan kuliner yang menjadi “leader” di bidangnya. Kegiatan ekskul kuliner yang diadakan pada hari Rabu (10/11) ini berlangsung selama 1,5 jam dan dimulai pada pukul 14.00 WIB. Adapun pelajar yang mengikuti jalannya ekskul kuliner kali ini terdiri dari 18 orang yang terbagi dalam 4 kelompok. Dalam kegiatan ekskul kali ini para pelajar diajarkan cara pembuatan Kepiting Singapore dengan Kamto selaku pengajar dari Tristar Culinary Institute.

                                                                                                                            
      Kegiatan ekstrakulikuler kuliner ini sendiri bertujuan agar para pelajar nantinya mempunyai bekal ketrampilan lainnya diluar mata pelajaran yang diberikan sekolah. Hal inilah yang pada kesempatan kali ini disampaikan oleh Wanda selaku Kepala SMA MIMI yang sekaligus sebagai pendamping untuk ekstrakulikuler kuliner. “Selain untuk menambah ketrampilan dan pengetahuan dalam bidang kuliner, dengan adanya kegiatan ektrakulikuler kuliner dari Tristar Culinary Institute ini diharapkan dapat memberikan bekal untuk menjadi pengusaha kuliner kelak” ujar Wanda. 

Bu.Wanda dan Para Murid
     Sebelum praktik pembuatan Kepiting Singapore dimulai, para pelajar terlebih dahulu ditugaskan untuk mempersiapkan semua bahan-bahannya terlebih dahulu. Sebagai pengajar, Kamto selalu mendampingi para pelajar mulai dari persiapan hingga pengolahannya. Kamto pun memberikan penjelasannya seputar cara memotong dan membersihkan kepiting. Setelah semua bahan siap maka para pelajar pun mulai mengolah kepitingnya. Terlebih dahulu para pelajar menumis bumbu-bumbunya hingga harum, kemudian satu per satu bahan dimasukkan. Dan yang terakhir, putih telur pun dimasukkan dan diaduk hingga berbentuk serabut-serabut. Tak lama setelah kemudian Kepiting Singapore pun selesai diolah dan siap untuk dinikmati. Tanpa ragu-ragu pun para pelajar langsung menyantap Kepiting Singapore bersama-sama. 


     Metode pembelajaran yang diberikan oleh Tristar Culinary Institute memang sangat tepat, karena para pelajar diajarkan dengan metode Hands On atau praktik secara langsung. Sehingga para pelajar tidak hanya mendengarkan penjelasan pengajar saja. Dengan metode praktik secara langsung ini diharapkan para pelajar semakin cepat terampil dalam mengolah aneka makanan. Sebagai Kepala SMA MIMI sekaligus pendamping ekstrakulikuler, Wanda juga menyampaikan kesan baik atas metode pembelajaran dari Tristar Culinary Institute. Hal ini dikarenakan dengan praktik secara langsung memberikan respon yang positif bagi para pelajar. Para pelajar tak hanya semakin kreatif bahkan beberapa pelajar belajar membuka usaha dalam pembuatan kue untuk dijual. Para pelajar pun juga mengaku sangat senang bisa belajar kuliner dengan Tristar Culinary Institute sebagai pengajarnya dikarenakan penjelasannya yang lengkap serta materi yang bervariasi. Seorang pelajar kelas 12 IPS, Daniel yang mengaku hobby memasak ini juga ikut menyampaikan kesan-kesannya selama mengikuti ekskul kuliner. “Saya sangat senang bisa belajar seputar dunia kuliner, karena saya juga hobby memasak. Penjelasan yang lengkap serta praktik secara langsung ini membuat pengetahuan saya seputar dunia kulier semakin bertambah” ujar Daniel usai praktik berlangsung. /nv
 

KEPITING TELOR ASIN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar